Forum Komunitas Karesidenan Kedu

Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kebumen, Purworejo
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 bahaya rokok & nikotin

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
St_thon
GLOBAL ADMINISTRATOR
GLOBAL ADMINISTRATOR
avatar

Male
Jumlah posting : 163
Age : 72
Location : wonosobo
Registration date : 03.12.08

PostSubyek: bahaya rokok & nikotin   Fri Dec 05, 2008 9:13 pm

Meski semua orang tahu akan bahaya yang ditimbulkan akibat merokok, perilaku merokok tidak pernah surut dan tampaknya merupakan perilaku yang masih dapat ditolerir oleh masyarakat. Hal ini dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah, kantor, angkutan umum maupun di jalan-jalan. Hampir setiap saat dapat disaksikan dan di jumpai orang yang sedang merokok. Bahkan bila orang merokok di sebelah ibu yang sedang menggendong bayi sekalipun orang tersebut tetap tenang menghembuskan asap rokoknya dan biasanya orang-orang yang ada disekelilingnya seringkali tidak perduli.

Hal yang memprihatinkan adalah usia mulai merokok yang setiap tahun semakin muda. Bila dulu orang mulai berani merokok biasanya mulai SMP maka sekarang dapat dijumpai anak-anak SD kelas 5 sudah mulai banyak yang merokok secara diam-diam.




Bahaya Rokok




Kerugian yang ditimbulkan rokok sangat banyak bagi kesehatan. Tapi sayangnya masih saja banyak orang yang tetap memilih untuk menikmatinya. Dalam asap rokok terdapat 4000 zat kimia berbahaya untuk kesehatan, dua diantaranya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik (Asril Bahar, harian umum Republika, Selasa 26 Maret 2002 : 19). Racun dan karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya kanker. Pada awalnya rokok mengandung 8 – 20 mg nikotin dan setelah di bakar nikotin yang masuk ke dalam sirkulasi darah hanya 25 persen. Walau demikian jumlah kecil tersebut memiliki waktu hanya 15 detik untuk sampai ke otak manusia.

Nikotin itu di terima oleh reseptor asetilkolin-nikotinik yang kemudian membaginya ke jalur imbalan dan jalur adrenergik. Pada jalur imbalan, perokok akan merasakan rasa nikmat, memacu sistem dopaminergik. Hasilnya perokok akan merasa lebih tenang, daya pikir serasa lebih cemerlang, dan mampu menekan rasa lapar. Sementara di jalur adrenergik, zat ini akan mengaktifkan sistem adrenergik pada bagian otak lokus seruleus yang mengeluarkan sorotonin. Meningkatnya serotonin menimbulkan rangsangan rasa senang sekaligus keinginan mencari rokok lagi. (Agnes Tineke, Kompas Minggu 5 Mei 2002: 22). Hal inilah yang menyebabkan perokok sangat sulit meninggalkan rokok, karena sudah ketergantungan pada nikotin. Ketika ia berhenti merokok rasa nikmat yang diperolehnya akan berkurang.

Efek dari rokok/tembakau memberi stimulasi depresi ringan, gangguan daya tangkap, alam perasaan, alam pikiran, tingkah laku dan fungsi psikomotor. Jika dibandingkan zat-zat adiktif lainnya rokok sangatlah rendah pengaruhnya, maka ketergantungan pada rokok tidak begitu dianggap gawat (Roan, Ilmu kedokteran jiwa, Psikiatri, 1979 : 33).




Tipe-tipe Perokok




Mereka yang dikatakan perokok sangat berat adlah bila mengkonsumsi rokok lebih dari 31 batang perhari dan selang merokoknya lima menit setelah bangun pagi. Perokok berat merokok sekitar 21-30 batang sehari dengan selang waktu sejak bangun pagi berkisar antara 6 - 30 menit. Perokok sedang menghabiskan rokok 11 – 21 batang dengan selang waktu 31-60 menit setelah bangun pagi. Perokok ringan menghabiskan rokok sekitar 10 batang dengan selang waktu 60 menit dari bangun pagi.

Menurut Silvan Tomkins (dalam Al Bachri,1991) ada 4 tipe perilaku merokok berdasarkan Management of affect theory, ke empat tipe tersebut adalah :

1.

Tipe perokok yang dipengaruhi oleh perasaan positif. Dengan merokok seseorang merasakan penambahan rasa yang positif. Green (dalam Psychological Factor in Smoking, 1978) menambahkan ada 3 sub tipe ini :
1.

Pleasure relaxation, perilaku merokok hanya untuk menambah atau meningkatkan kenikmatan yang sudah didapat, misalnya merokok setelah minum kopi atau makan.
2.

Stimulation to pick them up. Perilaku merokok hanya dilakukan sekedarnya untuk menyenangkan perasaan.
3.

Pleasure of handling the cigarette. Kenikmatan yang diperoleh dengan memegang rokok. Sangat spesifik pada perokok pipa. Perokok pipa akan menghabiskan waktu untuk mengisi pipa dengan tembakau sedangkan untuk menghisapnya hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja. Atau perokok lebih senang berlama-lama untuk memainkan rokoknya dengan jari-jarinya lama sebelum ia nyalakan dengan api.
2.

Perilaku merokok yang dipengaruhi oleh perasaan negatif. Banyak orang yang menggunakan rokok untuk mengurangi perasaan negatif, misalnya bila ia marah, cemas, gelisah, rokok dianggap sebagai penyelamat. Mereka menggunakan rokok bila perasaan tidak enak terjadi, sehingga terhindar dari perasaan yang lebih tidak enak.
3.

Perilaku merokok yang adiktif. Oleh Green disebut sebagai psychological Addiction. Mereka yang sudah adiksi, akan menambah dosis rokok yang digunakan setiap saat setelah efek dari rokok yang dihisapnya berkurang. Mereka umumnya akan pergi keluar rumah membeli rokok, walau tengah malam sekalipun, karena ia khawatir kalau rokok tidak tersedia setiap saat ia menginginkannya.
4.

Perilaku merokok yang sudah menjadi kebiasaan. Mereka menggunakan rokok sama sekali bukan karena untuk mengendalikan perasaan mereka, tetapi karena benar-benar sudah menjadi kebiasaannya rutin. Dapat dikatakan pada orang-orang tipe ini merokok sudah merupakan suatu perilaku yang bersifat otomatis, seringkali tanpa dipikirkan dan tanpa disadari. Ia menghidupkan api rokoknya bila rokok yang terdahulu telah benar-benar habis.




Tempat merokok juga mencerminkan pola perilaku perokok. Berdasarkan tempat-tempat dimana seseorang menghisap rokok, maka dapat digolongkan atas :

1.

Merokok di tempat-tempat Umum / Ruang Publik:

*

Kelompok homogen (sama-sama perokok), secara bergerombol mereka menikmati kebiasaannya. Umumnya mereka masih menghargai orang lain, karena itu mereka menempatkan diri di smoking area.
*

Kelompok yang heterogen (merokok ditengah orang-orang lain yang tidak merokok, anak kecil, orang jompo, orang sakit, dll). Mereka yang berani merokok ditempat tersebut, tergolong sebagai orang yang tidak berperasaan, kurang etis dan tidak mempunyai tata krama. Bertindak kurang terpuji dan kurang sopan, dan secara tersamar mereka tega menyebar "racun" kepada orang lain yang tidak bersalah.

2.

Merokok di tempat-tempat yang bersifat pribadi:

*

Di kantor atau di kamar tidur pribadi. Mereka yang memilih tempat-tempat seperti ini sebagai tempat merokok digolongkan kepada individu yang kurang menjaga kebersihan diri, penuh dengan rasa gelisah yang mencekam.
*

Di toilet. Perokok jenis ini dapat digolongkan sebagai orang yang suka berfantasi.


KEBENARAN TENTANG NIKOTIN


Ketagihan Rokok Berbahaya !

Tahukah anda bahwa :
- Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain.
- Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok.
- Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok.

Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :
- Merasa cepat marah, hampa atau geram.
- Cemas atau gelisah.
- Stres dalam bekerja.

Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin.

Secara perlahan nikotin akan mengakibatkan perubahan pada sel-sel otak perokok yang menyebabkan anda merasa perlu merokok lebih banyak untuk mengatasi gejala-gejala ketagihan.

SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN

Perokok boleh menjadi ketagihan dengan cepat karena :
- Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah.
- Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.

KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT

Ingat - rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius. Itulah sebabnya mengapa ketagihan nikotin mengakibatkan lebih banyak kematian dan penyakit daripada ketagihan racun yang lain.

JANGAN TERPEDAYA

Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah. Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya.

BEBASKAN DIRI ANDA

Jauhkan diri dari rokok - jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan. Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan.

Jika anda telah menjadi seorang perokok, jangan berputus asa. Ketagihan nikotin bisa diobati tetapi seperti racun lain ,anda perlu waktu dan usaha untuk mencapai keberhasilan. Banyak perokok berputus asa apabila mencoba berhenti merokok karena mereka belum siap untuk menghadapi gejala-gejala ketagihan . Siapkan diri anda secara fisik dan mental dan dapatkan dukungan keluarga serta teman-teman anda.

JANGAN TERJEBAK MITOS ROKOK

Merokok itu keren dan modern
1. Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Apakah ini tandanya keren dan modern ?.

Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok
2. Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga.

Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau
3. Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat aditif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti.

Merokok membuat kamu seksi
4. Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbakini sih keterlaluan. Tapi iya juga! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap.

Merokok menjadi badan langsing
5. Kalau ini benar , kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.

Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan
6. Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 - 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboropun mati karena kanker paru.

Kalau sedikit tidak apa-apa
7. Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.

Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok
8. Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan.

Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana
9. Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan kamu itu !.

Masa iya iklan rokok akan berbohong
10. Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ?

Irwan Mujiono / Ahli K3 Umum.

Sumber : Training & Health Education Department Ministry of Health Singapore. lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/sulton1
St_thon
GLOBAL ADMINISTRATOR
GLOBAL ADMINISTRATOR
avatar

Male
Jumlah posting : 163
Age : 72
Location : wonosobo
Registration date : 03.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Fri Dec 05, 2008 9:21 pm



affraid akaya bom aja tuh



confused berhenti sekarang , sebulum terjadi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/sulton1
Jack Van Zan
Anggota baru
Anggota baru
avatar

Male
Jumlah posting : 12
Age : 27
Registration date : 06.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sat Dec 06, 2008 11:43 am

well, well, well


ngeri juga tuh
jadi pengen berhenti merokok! lemes
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
St_thon
GLOBAL ADMINISTRATOR
GLOBAL ADMINISTRATOR
avatar

Male
Jumlah posting : 163
Age : 72
Location : wonosobo
Registration date : 03.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sat Dec 06, 2008 10:36 pm

salaman mau berhenti yah?

bagus deh klo gt,

klo ak sih masih lancar2 aja melet
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/sulton1
akhsan99
moderator
moderator
avatar

Male
Jumlah posting : 110
Age : 31
Location : WSB
Registration date : 07.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sun Dec 07, 2008 9:35 am

wahhh,....
klo mau berhenti gw jg penegnn,...
tapi kok masi lancar terus yahhh,..

gmn alternatifnya biar bisa berhenti stress stress
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/maududy
St_thon
GLOBAL ADMINISTRATOR
GLOBAL ADMINISTRATOR
avatar

Male
Jumlah posting : 163
Age : 72
Location : wonosobo
Registration date : 03.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sun Dec 07, 2008 9:45 am

diam disolasi wae lambene Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/sulton1
Jack Van Zan
Anggota baru
Anggota baru
avatar

Male
Jumlah posting : 12
Age : 27
Registration date : 06.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sun Dec 07, 2008 7:45 pm

biar lebih anarkis di jahit saja mulutnya, tapi maemnya gimana gan?

makan bubur saja, pakai sedotan kan bisa, sruput-sruput



GILA LHO NDRO! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
akhsan99
moderator
moderator
avatar

Male
Jumlah posting : 110
Age : 31
Location : WSB
Registration date : 07.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sat Dec 13, 2008 9:23 am

wakakakaaaaa,...
lol lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/maududy
cahbagus_dw
Admin
Admin
avatar

Male
Jumlah posting : 271
Age : 31
Location : root:-~#
Registration date : 14.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Tue Dec 16, 2008 4:11 am

aku dah brenti ngrokok ye ye ye joget
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://cahbagusdw.co.nr
St_thon
GLOBAL ADMINISTRATOR
GLOBAL ADMINISTRATOR
avatar

Male
Jumlah posting : 163
Age : 72
Location : wonosobo
Registration date : 03.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Wed Dec 17, 2008 10:02 am

yang udah berhasil berhenti ngeerokok,,sharing donk carane mas,,berat nih ninggalin rokok

_________________
~Indahnya kebersamaan & Persatuan~
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/sulton1
cahbagus_dw
Admin
Admin
avatar

Male
Jumlah posting : 271
Age : 31
Location : root:-~#
Registration date : 14.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Fri Dec 19, 2008 7:42 am

kebetulan aku mriang
flu batuk agak kronis
1 minggu ga kuat bangun
nah 1 minggu itu aku ga ngrokok sama sekali
akhirnya setelah smbuh keiinginanku buat ngrokok ga ada sama sekali
dan sejak saat itu aku niati buat brenti ngrokok sekalian
alhamdulillah dah 1 setengah bulan ini aku brenti ngrokok

padahal sebelumnya aku perokok berat (3 bungkus djarum blasck / 2 hari)

_________________
~sak bejo-bejone wong bodho iseh bejo wong sing pinter lan waspodho~
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://cahbagusdw.co.nr
akhsan99
moderator
moderator
avatar

Male
Jumlah posting : 110
Age : 31
Location : WSB
Registration date : 07.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sat Dec 27, 2008 2:49 am

woooowww,..
lah mandeg nek wis kronis,..
lha nek rung ngasi kronis pige caraneee,....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/maududy
yuandhiex
moderator
moderator


Male
Jumlah posting : 217
Age : 27
Location : -=X-ZONE=-
Registration date : 22.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sun Dec 28, 2008 5:29 pm

akhsan99 wrote:
woooowww,..
lah mandeg nek wis kronis,..
lha nek rung ngasi kronis pige caraneee,....

ikutilah kebiasaan om gus ngrokoke jarum black

nikotine plg gede kui

coba aja di liat

bedakan dengan jarum biasa dll

dgn ukuran yg kecil tp nikotin setara dengan jarum biasa ngeri ga??? guyu kepekso
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yuandhiex.co.nr/
cahbagus_dw
Admin
Admin
avatar

Male
Jumlah posting : 271
Age : 31
Location : root:-~#
Registration date : 14.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Sun Dec 28, 2008 10:28 pm

nah nah...
malah akon akon ngikuti aku iks
mendingan ki yo
banyak2in aktivitas yg positif
sehingga ga da waktu lagi buat ngrokok
1 munggu aja ga ngrokok
akan mengurangi keinginan merokok itu sendiri
ga parcaya?? coba deh...

_________________
~sak bejo-bejone wong bodho iseh bejo wong sing pinter lan waspodho~
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://cahbagusdw.co.nr
yuandhiex
moderator
moderator


Male
Jumlah posting : 217
Age : 27
Location : -=X-ZONE=-
Registration date : 22.12.08

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Wed Dec 31, 2008 1:46 am

ia ia manut dah.

tp lebih baek lgy jgn mpe kecanduan kaya aq neh ngrokok lgy stress doank


eh tpi pny pacar jg mayan membant lo

coz gra2x dlrng q g brani agy hohoho joget
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yuandhiex.co.nr/
adhi
moderator
moderator
avatar

Male
Jumlah posting : 122
Age : 31
Location : MgL,MTy
Registration date : 06.01.09

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Mon Jan 19, 2009 12:16 pm

cowok cowk takut pacar

wekekekekkeke............


ngakak
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://wes.gawe.tp.lali.com
bungajeruk
Anggota baru
Anggota baru


Jumlah posting : 6
Registration date : 10.08.09

PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   Wed Aug 12, 2009 4:28 am

tapi napa ramai yg masih merokok?

Hi all pls join me & earn more mc$ 2gether
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: bahaya rokok & nikotin   

Kembali Ke Atas Go down
 
bahaya rokok & nikotin
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Bahaya Kerja Lebih dari 11 Jam Sehari
» Bahaya Minuman Energi untuk Anak
» Pengaruh Musik Pada Anak
» Beda bentuk Payudara beda pula cara menyentuhnya
» Cara Menggunakan Eye Liner Cair

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Komunitas Karesidenan Kedu :: Pendidikan :: Kesehatan-
Navigasi: